Arti Pelayanan

Apa yang ada dipikiranmu dari kata PELAYANAN ?

Pimpin puji-pujian? jadi misionaris? jadi pendeta? yuk kita liat apa sih sebenarnya pelayanan itu??

Arti pelayanan yang sesungguhnya sudah sangat tergambar jelas dari sosok Yesus. Dia berkata bahwa Dia datang untuk melayani, bukan untuk dilayani. Matius 20:28. Jadi jelas bahwa Dia datang ke dunia untuk menjadi hamba (pelayan) yang melakukan pelayanan. Kita bisa melihat pelayanan seperti apa yang Allah kehendaki untuk kita lakukan.

Paulus mengatakan di Filipi 2:6-8, bahwa Yesus dalam pelayanannya mengosongkan diri dan taat sampai mati. Mengosongkan diri dalam versi ingrisnya mengandung arti worthless / tidak dianggap oleh orang-orang dan tidak mengganggap diri berharga. Pelayanan yang Dia lakukan bukan untuk dilihat oleh orang, bukan untuk pamer atau sombong, tapi untuk memuliakan dan menyenangkan Allah.

Lukas 17:7-10. Yesus mengingatkan betapa kita harus memiliki hati yang rendah dihadapan Nya. Semua kebaikan yang diberikan kepada kita adalah ANUGERAH, bukan karna banyak pelayanan yang sudah diberikan kepada kita, atau yang sudah kita lakukan.

Christ with Martha and Maria

 

Gambaran pelayanan juga diberikan oleh Marta dan Maria di Lukas 10:38-40. Marta melayani Yesus dengan memberikan yang terbaik yang bisa dia lakukan. Sedangkan Maria melayani Yesus dengan cara memfokuskan diri pada perkataan Tuhan. Yang mana dari ke-2 tersebut yang merupakan pelayanan? Yup dua-dua nya pelayanan. 2 jenis pelayanan ini didasari oleh rasa cinta pada Tuhan, dan merupakan hal yang baik. Tapi yang mana dari ke-2 tersebut yang lebih diutamakan oleh Yesus? Anda benar, diayat 42 Yesus bilang bahwa Maria telah memilih bagian yang terbaik, yaitu duduk dekat Yesus dan mendengarkan perkataanNya, isi hatiNya.

Yang Martha lakukan adalah hal yang BAIK, tapi Maria memilih yang TERBAIK (versi NIV: BETTER). Pelayanan yang kita lakukan selama ini BAIK, tapi duduk di bawah takhta Nya, mendengarkan isi hati Nya, mengetahui apa rencana Nya, itu bagian yang TERBAIK yang bisa kita lakukan.

Kalau kita melakukan pelayanan “Martha” saja, kita akan lelah jasmani dan lelah rohani, (cape badan, pikiran/hati). Seperti Martha yang letih sendiri, dan envy (iri hati, marah, kesel) ama Maria yang duduk-duduk santai mendengarkan Tuhan. Kalo kita cuma sibuk sendiri, kita akan lelah dan tidak puas dengan apa yang kita lakukan. Hal itu disebabkan karena kita ga tau, sebenarnya Tuhan puas atau tidak dengan pelayanan yang udah kita lakukan, sesuai atau tidak ama kehendakNya.

Jadi langkah pertama yang harus dilakukan dalam pelayanan adalah mengetahui isi hati Tuhan, baru melakukan sesuai perintahNya. Melakukan pelayanan Maria terlebih dahulu, baru pelayanan Martha. Jika kita bisa melakukan hal tersebut, maka hal itu adalah pelayanan yang PALING BAIK.

Pelayanan Martha = BAIK (GOOD)

Pelayanan Maria = TERBAIK (BETTER)

Pelayanan Maria + Martha = PALING BAIK (BEST)

About these ads

7 thoughts on “Arti Pelayanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s