Mengarungi Hari-hari Ujian

Huaaaa…. Minggu lalu adalah minggu yang penuh perjuangan buat aku. Minggu yang merampas seluruh pikiranku, merampas jam senggangku, dan bahkan sampai merampas jam tidurku, tapi anehnya hari-hari itu tidak bisa merampas kebahagiaanku, sukacitaku, apalagi damai sejahtera di dalam hatiku. Minggu itu adalah minggu ujian UAS.

Ketika pertama kali aku membuka website milik universitas dimana aku belajar sekarang (BiNus) yg dikenal dengan binusmaya untuk melihat jadwal ujian akhir semester genap. Tibalah dimana aku harus meng-klik Jadwal Ujian. Saat membukanya, hatiku penuh harap mendapatkan jadwal yang tidak terlalu padat. Layar yang kupandang itu ternyata tidak dapat bersahabat, dia pemperlihatkan jadwal yang “Mooooosyooooo ooolooooh”. Dengan mulut ternganga dan mata melotot, aku pun memandangi jadwal itu dengan harapan aku salah melihat tanggal-tanggal yang terpampang disana. Aku memeriksa satu per satu tanggal dan nama mata kuliahnya untuk menyalinnya ke buku agenda pribadi milikku, dibawah ini kamu pun dapat melihatnya.

Kd Mtk

Mata Kuliah

SKS

Tanggal

Jam

Ruang

Kelas

G1042

Pragmatics

2/0

21 Jun 2008

10:00-11:30

309

06PDG

G0384

Public Relations

4/0

24 Jun 2008

10:00-11:40

301

06PDG

G0362

Sociolinguistics

2/0

25 Jun 2008

13:00-14:30

303

06PDG

G0194

Indonesian – English Translation

4/0

26 Jun 2008

10:00-11:40

504

06PDG

G0982

Literary Criticism I

2/0

27 Jun 2008

08:00-08:30

301

06PDG

G1112

Scientific Writing I

2/0

28 Jun 2008

10:00-10:30

304

06PDG

G0022

Research Methods

2/0

30 Jun 2008

15:00-15:30

302

06PDG

G1232

Advanced English I

2/0

02 Jul 2008

15:00-16:40

303

06PDG

Beberapa hari kemudian aku baru menyadari bahwa tanggal ujian Litcrit (Literature Criticism), SW (Scientific Writing), dan RM (Research Methods) berurutan seperti kereta nan panjang, ditambah 2hari sebelumnya ada PR dan Socio. Huaa, jujur pas liad jadwal ini hatiku mencolos, akankah ku dapat melewati hari-hari ini dengan mulus? Litcrit, SW, dan RM, ujian dari ketiganya adalah mengumpul paper analisis. Jadi saya memiliki tugas untuk membuat 3 paper analisis, selain menghafal sisi buku PR yang setebal bantal. Ajaibnya aku merasakan ada 1 Pribadi yang berkata “Janganlah kamu menjadi takut dan kuatir”. Langsung deh…Nyeeees… Ada ketenangan didalam batinku.

Aku lalui setiap ujian yang datang menghampiri (sebenernya aku sendiri yang datang menghampiri ujian, klo ga dateng nilai UAS dapet NOL besar donk?!). Lalu tiba saat dimana esok hari aku harus mengumpul paper litcrit, aku pakai film “August Rush” sebagai bahan analisisku, aku mulai duduk manis didepan komputerku yang mana adalah saksi tak bernyawa yang melihat seluruh aktivitasku didalam kamar setiap harinya, dan mulai menuangkan ide-ide dan asumsi-asumsi berlandaskan teori dibuku (sama sedikit browsing internet) yang menjelaskan “karakter” dari tokoh utama dalam film itu.

Ga terasa (sebenernya berasa sih) hari udah mulai tengah malam, dimana teman sekamarku sudah menarik selimut keatas tubuhnya hendak beristirahat dengan nyaman, tapi aku harus tetap lanjut mengerjakan paper. Jarum jam ditanganku terus berputar hingga menunjukan pukul 6.30 pagi, dan akhirnya paper ku selesai. Sayangnya aku belum bisa berkata “Sudah Selesai”, karna papernya belum di-print. Aku harus mencari teman yang bisa membantuku, karena printerku rusak dan takut blm ada “tukang” nge-print yang buka. Aku curiga kalau pada jam segitu belum ada toko penjual jasa print yang buka, aku mencari nama di YM Friend list ku, kalau-kalau ada yang masih stay dikomputernya. Ternyata NIHIL, aku tidak mendapatkan “jasa” itu. Aku men-scroll daftar nama dan no henfon teman-temanku, dan mengubungi mereka. Tapi tetap saja NIHIL yang kudapat. Karna jam ku sudah menunjukan pukul 7.30, aku memberanikan untuk pergi mencari “tukang” print, dan akhirnya saya berhasil mendapatkannya. Ada yang buka 24 jam sehari, huaa, senang sekali hatiku saat itu.

To be continued…

2 thoughts on “Mengarungi Hari-hari Ujian

  1. wah hebad ci xD huehehe daku jg merasakan tertekan dgn uas kali ini yow.. susah2 semua mpe puyeng pengen melarikan diri ajah rasanya! fiuh lega akhirnya dah lesai haha

Leave a Reply

