Standard

Barnabas & Paulus

Hr ini qta mau belajar bagaimana menjadi bagian dalam tubuh Kristus
Qta mau belajar dari seorang yang bernama Barnabas
Siapa itu Barnabas? Ada yang tau?
Barnabas bukanlah nama aslinya.
Nama aslinya adalah Yusuf.
Barnabas adalah nama yang diberikan oleh para rasul untuk membedakan Yusuf ini dengan Yusuf yang lain nya.
Knp Yusuf yang ini yang mendapat julukan?
Karena Yusuf yang ini beda dari Yusuf2 yang lain.
Kenapa para rasul memberi nama julukannya itu Barnabas?
Bar = Anak
Nabas = yunani = parakletos
Yesus pake kata yang sama “parakletos” untuk menyebut Roh Kudus.
Parakletos memiliki arti penolong dan penghibur(comforter)
Para rasul melihat hal yang sama dalam diri Yusuf yang 1 ini.
Kesungguhannya dalam melayani tubuh Kristus sangat terlihat.
Barnabas menolong banyak orang untuk mengenal Kristus.
Siapakah Barnabas ini sebenarnya?
Barnabas = Lewi (pemimpin ibadah dan penyembahan) dari Siprus
Siprus = tanah termahal karena merupakan tanah pertambangan
Dia memiliki tanah di Siprus lalu dia jual ladang(tanah) tersebut dan diberikan kepada para rasul di bawah kaki nya.
Kis 4: 36-37
Ladang/tanahnya…
Saya berpikir ladang ini simbol dari apa?
Ladang = simbol investasi seseorang, simbol sesuatu yang berharga
Barnabas tau persis investasi terbaik bukan lah pada tanah atau pun kekayaan.
Tapi investasi terbaik dalam kehidupan seseorang adalah memberi hidup bagi orang lain sampai orang tersebut mencapai kemaksimalan.
Makanya Barnabas menjual ladangnya, dan diberikan kepada rasul untuk memberkati orang lain.
Apa tujuan investasi?
Tujuannya adalah kita tahu hal tersebut akan menguntungkan dalam jangka waktu tertentu.
Siapa yang mau untung?
Investasi jawabannya..
Seperti lagi presentasi bisnis nih rasanya.. hahaha
Apa yang diperlukan untuk berinvestasi?
Waktu, Tenaga, dan Dana
Harus ada yang dibayarkan untuk mendapatkan sesuatu yang berharga.
Seorang investor tanah/rumah akan memberikan perhatian khusus untuk investasinya.
Dia akan memperhatikan dengan seksama kapan harga akan naik dan turun, kapan harus menambah investasinya, kapan untuk menahan investasinya, dan kapan waktu terbaik untuk melepasnya untuk mendapatkan investasi yang lebih lagi.
Dengan kata lain Barnabas telah lepaskan ladangnya untuk berinvestasi lebih lagi pada manusia.
Kepada siapa Barnabas berinvestasi? Menaruh perhatiannya?
Salah 1nya adalah Saulus yang kemudian menjadi Paulus
Paulus menjadi rasul yang hebat, karena ada Barnabas
Tidak ada Barnabas, tidak ada Paulus
Siapa yang tau cerita Paulus?
Paulus seorang yang menganiaya murid2 Kristus
Ketika Saulus bertobat dan menjadi murid Kristus, murid2 Kristus tidak ada yang percaya padanya.
Kis 9:26
Semua orang takut padanya.
Masa iya sih dia penganiaya kejam, bisa bertobat tiba2?
Jangan-jangan pura2?
Jgn2 mau mengadu domba kita agar jemaat Kristus terpecah belah?
Apa yang ada dipikiran kita pada saat ada berandalan lalu lahir baru dan datang ke ibadah kita?
Gimana kalo sumanto lahir baru lalu datang ke ibadah kita?
Bisa kebanyang?
Menurut kamu apa yang kamu pikirkan atau lakukan?
Oke, sama dengan murid2 Yesus yang lain, mereka takut, jaga jarak, waspada, berhati-hati.
Bayangkan, gimana tertolak nya Saulus pada saat itu?
Dia sudah benar2 bertobat tapi ga ada yang percaya
Dia sekarang sudah menjadi percaya Yesus, tapi murid Yesus sendiri tidak dapat menerima dia.
Pada saat itu Saulus masih menjadi new comer (org baru di dunia kekristenan)
Masih seorang bayi rohani.
Seorang bayi sangat rentan kondisinya. Harus dirawat baik2. Kalo tidak dia akan meninggal.
Begitu jg orang yang lahir baru, dia adalah bayi rohani yang masih rapuh kondisinya, mudah terluka dan tersakiti.
Ketika murid yang lain takut pada Saulus, lihat ayat 27, Barnabas menerima Saulus.
Bukan hanya menerima, tapi Barnabas dengan tekun mendengarkan cerita pengalaman2 Saulus ketika terima Yesus, dan pelayanan2 yang telah Saulus lakukan dalam nama Yesus.
Jadi apa saja yang sudah Barnabas lakukan?
Ya, waktu dan tenaga yang disediakan untuk mendengarkan cerita Saulus.
Mungkin waktu mereka sharing2 itu Barnabas ajak Saulus ke rumahnya, karena kalau di tempat lain murid2 yang lain kan masih blm nyaman dengan kehadiran Saulus.
Di rumah sambil minum teh, ngopi, makan bareng. -> ini juga butuh dana cuy…!
Jadi konklusinya Barnabas melakukan prinsip bayar harga (waktu, tenaga, dan dana)
Setelah itu apa yang Barnabas lakukan ?
Dia menjadi mediator, perantara yang baik, jembatan penghubung.
Barnabas mengajak Saulus dan menceritakan kepada rasul2 yang lain pengalaman yang sudah dilalui Saulus.
Ada yang menarik di sini.
Kenapa Barnabas ketika menceritakan ini perlu ngajak si Saulus?
Saya yakin, ketika Barnabas melakukan ini, dia bukan hanya sedang merajut hubungan antara Saulus dan rasul2.
Tapi juga sedang membangun kepercayaan diri Saulus, bahwa dia memang orang terpilih.
Sampai2 Tuhan menampakan diri kepadanya.
Saat itu Saulus sedang diintegrasikan kepada rasul2 dan murid2, dan jemaat Kristus.
Berusaha untuk disatukan
Saya jadi ingat pengalaman saya.
Tahun lalu saya adalah new comer “orang baru” di youth cikarang.
Memang saat itu saya bukan orang yang baru saja bertobat. Tapi tetap saja sy adalah pendatang baru di sini.
Jika seorang pendatang baru tidak diintergrasikan dengan jemaat yang lain, mungkin org tersebut akan mental, mungkin saya ga akan bisa share seperti ini sekarang.
Puji Tuhan, saya menemukan Barnabas di youth cikarang.
Puji Tuhan ada yang mau bayar harga dengan waktu, tenaga, dan soto kambing di cikarang baru.
Dan akhirnya saya bisa share seperti ini skr.
Balik lagi ke cerita Barnabas dan Saulus.
Waktu Saulus sudah terintegrasi dengan yang lain, ada masalah lain terjadi.
Namanya Saulus masih kanak-kanak, Saulus banyak lagak nya.
Seperti anak kecil yang suka berlagak pahlawan.
Begitu juga dengan Saulus.
Dia berdebat dengan pemuka2 agama.
Sehingga dia mau dibunuh.
Hal ini membuat keamanan dan kenyamanan murid2 Yesus yang lain terganggu.
Akhirnya dia dideportasi ke Tarsus. Kota asalnya Saulus.
Apa yang kita lakukan ketika ada pendatang baru yang suka berlagak dan bikin masalah?
Kita akan berpikir, dulu waktu sebelom ada dia, qta tenang2, damai2 aja.
Kenapa pas dia dateng, suasana jadi tidak tenang?
Ya udah kita kirim aja dia untuk misionaris ke Mauroke, ke Papua, ke Sumba. Yang jauh2 dan susah kembali.
Hahaha
Akhirnya Saulus pun harus kembali ke Tarsus.
Kegerakan kekristenan terus berlangsung, dan membesar.
Pada satu ketika ada kegerakan besar di Antiokia.
Barnabas diminta membangun jemaat Tuhan disana.
Pada saat itu Barnabas teringat Saulus.
Dan mencari Saulus ke Tarsus.
Menurut kalian, respon apa yang paling alami dari Saulus ketika dia dicari lagi oleh Barnabas orang yang pernah menerima dia dan mendeportasi dia?
Ga percaya dia mau nyariin lagi, mungkin jaga jarak karena kecewa udah dideportasi.
Lalu apa yang akan Saulus lakukan ketika dia mendengar kalo Barnabas mencari dia untuk pelayanan bareng?
Mungkin respon Saulus bisa bermacam2.
Saulus bisa aja kecewa dan menolak ajakan Barnabas
Atau malah Saulus bisa aja nolak karena ga PD kalo Tuhan bisa pakai dia luar biasa.
Mungkin respon Saulus saat itu seperti ini.
“helloooo Barnabas, Luuuu ga ingeeeet waktuuu ituuu? Gue udaaah membahayakan orang banyak .. pemuka2 agama nyari2 gueeee mau ngebunuuuh gueeee…. Klooo luuuu deket2 gueee, nyawaaaa looooe bisaaa terancaaaam, orang lain jugaaa bisa takuuut sama loeee, karena loeee gaul nya ama gueeee yang mantaaan pembunuuuh berdaraaaah dingiiin…..!”
“lebih baik u pikir2 lagi deeeeeh kalo mau ajaaaak gueee… gue inii ditakutiiin ama oraaang…. Dan sekarang u malaaah ajak gue untuk pelayanaaan…. Jangan bercanda loeee”
Barnabas berusaha meyakinkan Saulus, “Gue ga bercanda. Gue yakin untuk pelayanan bareng sama u di Antiokia”
Mungkin saat itu Saulus masih ngotot.
Tp Barnabas juga ga kalah ngototnya. “Gue yakin Tuhan mau pake u luar biasa… inget kembali gimana Tuhan pilih u, gimana saat pertama u sadar bahwa u udah dipilih oleh dia? Coba u renungin baik2”
Akhirnya Saulus luluh “U yakin Tuhan mau pake gue?”
Barnabas ngangguk
Saulus bilang “oke klo u yakin, gue ikut sama lu.”
Bayangkan betapa senang dan antusiasnya Barnabas saat itu?
Anak mentor nya yang dia sudah investasikan dan sempat “menghilang” sekarang kembali untuk melayani bersama.
Betapa hidup Saulus menjadi lebih maksimal dipakai Tuhan? Menjadi rasul yang hebat. Diurapi Tuhan luar biasa.
Mereka melayani bersama di Antiokia , dan pada saat itu lah Kristen pertama kali disebut

5 thoughts on “Barnabas & Paulus

  1. Sayang nama baik Barnabas ingin dirusak oleh para anti Kristus yg menyebarkan dusta lewat injil palsu barnabas.
    Tapi smua itu ga mempengaruhi iman kita kpd Yesus Tuhan kita.

    Btw, nice article, JBU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s